kewirausahaan : Bab 9 Merancang Strategi Pemasaran

Pengantar : Kisah Sukses Pemasaran Produk

PT. Lion Mentari Airlines

Dalamdunia penerbangan, pastilah mengetahui perusahaan LION AIR. Perusahaan ini adalah pelopor penerbangan murah, sehingga sekarang semua orang dapat menikmati penerbangan dengan harga murah. Sekarang perusahaan ini mampu meraup jumlah penumpang nomor dua setelah Garuda dan perkembangannya cukup mengesankan.

Lion akanmenjadi pemain pertama yang melenggang diudara sebelum para pesaing bisa mengejarnya, jadi sekali lagi, lion membuktikan dirinya sebagai pemimpin pasar sekaligus penentu aturan  main dalam bisnis penerbangan Indonesia.

Pemasaran

Pemasaran tidak hanya mengenai penjualan, iklan, atau promosi saja. pemasaran merupakan suatu proses yang utuh tentang kemampuan menawarkan barang dan jasa yang tepat, dengan harga, waktu, dan lokasi yang tepat. pemasaran bertitik tolak pada kebutuhan dan keinginan pembeli.

Upaya pemasaran ditunjukan untuk memberikan kepuasan sehingga pembeli melakukan pembelian ulang dan merekomondasikan produk keorang lain. Untuk mandapatkan hasil pemasaran yang sesuai , maka secara umum dapat dilakukan proses pemasaran sebagai berikut:

  1.  Pengenalan Pasar : pemasaran mengetahui potensi pembeli dan mengetahui akan kebutuhannya.
  2. Strategi Pemasaran : merupakan kelanjutan dari pengenalan pasar, yang menyangkut strategi  yang akan diterapkan dalam memasarkan barang dan jasa yang dapat diterima oleh pasar.
  3. Bauran Pemasaran : marupakan alat yang akan digunakan dalam menjalankan strategi yang telah dipilih dan usaha lainn dalam penyampaian nilai sehingga sesuai dengan keinginan pembeli yang akan dituju.
  4. Evaluasi Pemasaran : dilakukan untuk melihat keberhasilan usahausaha pemasaran yang telah dilakukan , perlukan dilakukan perbaikan-perbaikan usah-usaha koreksi.

Pengenalan Pasar

Pengenalan pasar adalah upaya untuk mengetahui jumlah, karakteristk , dan sifat sebuah pasar .
Di bawah ini beberapa teknik yang akan membantu anda dalam melakukan pengenalan pasar, yaitu :

  • Mengelompokkan Pasar

Hal terpenting dalam memasarkan barang atau jasa adalah mengetahui siapa pembeli dan apa yang mereka butuhkan, bukan membuat barang dan jasa terlebih dulu dan menunggu pembeli datang.

  • Masa Peredaran Barang atau Jasa

Semua barang atau jasa yng ditawarkan pada konsumen memiliki siklus hidup masing-masing, apakah barang atau jasa yang dijual masih disukai oleh pembeli atau justru terjadi perubahan selera. Tahap tersebut dimulai dari tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kematangan, dan diakhiri dengan tahap penurunan.


Apabila mengetahui masa peredaran suatu barang atu jasa, maka kita akan:

Mempercepat dan memperlambat tahapan-tahapan.

Bila kita menjual barang-barang yang relative pendek masa siklus hidupnya, maka biasanya barang tersebutakan cepat habis atau pembeli merasa bosan.

Mengetahui masa edar atau siklus hidup ynag dimiliki.

Bila kita memproduksi produk yang laris dipasaran, biasanya akan banyak yang meniru sehingga akan banyak jumlah pesaing yang muncul.

Mengetahui layak atau tidaknya masuk dalam usah baru.

Jika diketahui masa edar barang dan jasa, maka kita akan mengetahui layak atau tidaknya suatu bidang usaha.

  • Analisi SWOT

Analisis yang dikenal dengan sebuah analisis Strengths-Weaknesses-opportunities-threats-SWOT adalah sangat penting untuk mengetahui posisi usaha yang dijalankan saat ini merupakan suatu proses dimana kita menganalisis karakteristik usaha dan lingkungan yang dapat mempengaruhi usaha yang atau sedang kita jalankan.

Menentukan Strategi Pemasaran

Setelah kita melakukan analisis SWOT untuk mengetahui kemampuan dan menetapkan pasar mana yang kita setujui, maka selanjutnya kita perlu menyusun strategi pemasaran.

Strategi pemasaran adalah suatu cara yang digunakan untuk membantu kita membuat dan menjual barang dan jasa yang sesuai dengan kondisi perusahaan dan pasar target atau selera konsumen yang dituju.

1)      Menembus pasar

Strategi menembus pasar untuk menjangkau sasaran pembeli yang belum tercapai
Upaya-upaya praktis yang dapat dilakukan antara lain:

–   Meningkatkan unit penjualan dengan cara menurunkan harga, membuat barang atau jasa yang lebih banyak, dan lain-lain.

–  Menambah lokasi atau staf penjualan agar dapat menjangkau jumlah pembeli yang lebih banyak.

–   Meningkatkan periklanan agar lebih dikenal dengan baik.

–   Menambah barang dan jasa dengan melakukan program cuci gudang untuk barang-barang yang hamper kadarluasa.

–  Melakukan promosi penjualan, sepeerti memberi hadiah – hadiah, diskon, voucer, dan sebagainya.

–    Meningkatkan pengenalan merek dengan melakukan publisitas, penelitian dan sejenisnya.

–   Meningkatkan promosi dan iklan melalui media dan cara yang sesuai dengan sasaran pembeli yang hendak dicapai.

–   Menurunkan harga dengan memberikan penawaran khusus atau diskon berdasarkan jumlah produk yang dibeli.

2)      Mengembangkan pasar

Starategi ini dilakukan apabila sasaran pembeli yang lama sudah jenuh atau sudah habis sehingga perlu mencari sasaran pembeli baru dengan tetap menawarkan barang atau jasa yang lama.

3)      Mengembangkan produk

Strategi ini mencakup perubahan barang dan jasa yang tetap menggunakan cara produksi yang sama dengan cara produksi. strategi ini umumnya dilakukan untuk memperpanjang masa edar atau siklus hidup, bila mana kita mengetahui bahwa sasaran pembeli mulai bosan dan kita harus mengubah barang dan jasa yang ditawarkan tersebut

4)      Melakukan Diversifikasi

Strategi ini merupakan pengembangan produk baru yang masih berhubungan dengan produk lama untuk ditaarkan kepada pasar yang baru juga.

5)      Menetapkan Biaya Murah

Starategi ini didasarkan pada biaya input yang rendah sehingga dapat menghasailkan barang atau jasa yang murah juga, namun bukan berarti menawarkannya dengan kualitas yang rendah.

6)      Memfokuskan pada pasar

Strategi ini dilakukan dengan memberikan layanan kepada para pembeli khususnya dengan pelayanana terbatas, dan pembeli dapat ditentukan dengan jelas, lebih efektif dan efisien dari pesaing.

7)      Melakukan diferensiasi

Strategi ini berkonsentrasi pada penciptaan barang dan jasa baru yang dipandang sangat berbeda dengan yang lain.

Menentukan alat pemasaran

Alat pemasaran yang diperlukan yang dimaksud adalah bauran pemasaran ditambah distribusi, pelayanan dan kekuasaan.

  • Hal yang diperlukan dalam menghasilkan produk

a)      Panduan Produk

b)      Penampilan Produk

c)       Pendukung Produk

  •  Hal yang diperlukan dalam menyampaikan barang sampai kepembeli (Distribusi)

Pendistribusian barang dapat dilakukan langsung kepembeli yang datang, barang yang diantar ke pembeli, atau menggunakan perantara.

  • Hal yang diperlukan dalam memilih lokasi usaha yang tepat

Memilih lokasi hendaknya memperhatikan kemudahan dan kedekatan dengan pembeli.

  • Hal yang diperlukan dalam menentukan harga yang tepat

a)      Harga psikologis

b)      Harga paket

c)       Harga gengsi

d)      Harga penuntun

  • Hal yang diperlukan dalam mencari bentuk promosi yang murah dan memilih iklan yang tepat

a)      Hubungan masyarakat

b)      Publisitas

c)       Promosi penjualan

d)      Hiasan toko

e)      Iklan

  • Hal yang penting dalam penjualan produk

a)      Penjualan untuk peritel

b)      Penjualan untuk produk jasa

c)       Teknik penjualan melalui telepone

d)      Bila bergadapan langsung dengan pembeli

  • Pemanfaatan kekuasaan

a)      Kemampuan Negosiasi

b)      Dukungan Pemegang Kebijakan

Menyusun Rencana Pemasaran

Rencana pemasaran dapat disusun dengan memperhitungkan beberapa hal berikut :

–    Gambaran usaha yang sedang atau akan anda lakukan,

–    Memosisikan Produk,

–     Menetapkan visi dan misi yang harus dibuat sesederhana mungkin,

–      Menentukan jangka waktu pemasaran dan tujuan pemasaran,

–      Melakukan Analsis SWOT,

–      Memilih strategi yang tepat,

–     Menetapkan alat pemasaran,

–     Membuat bagan rencana pelaksanaan,

–      Menentukan ukuran keberhasilan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: