Cerita Japan Education Fair 2013

Cerita sedikit, kemaren pas dateng ke #JapanEducationFair, satu kata buat acara ini HEBAT !! peminatnya luar biasa dari tahun ke tahun semakin banyak orang yang ingin meneruskan pendidikannya ke Negara yang memiliki gunung tertinggi ini. Meski mayoritas masih orang-orang cina dan sebagainya tapi orang kita juga banyak kokūüėÄ .Disana melihat bnyak orang yang di antar dengan orang tuanya, ada juga yang bersama teman2nya, tetapi saya, hanya seorang diri hanya bermodalkan tekad, demi sebuah impian, belajar dinegeri sakuraūüėÄ . Rata-rata penjaga stand di sana adalah dari orang Jepangnya dan ada sebagian dari orang Indonesia yang alumni Jepang. Hampir semua stand betul-betul ramai pengunjungnya, contohnya saja Univ Tokyo, Osaka, Waseda, Yokohama dan Kyoto. Tidak hanya perguruan tinggi, ada juga lembaga bahasa loh, jika ingin mempelajari bahasa jepang langsung dinegaranya. Buat kalian yang mau meneruskan pendidikan S-1 di Jepang, wajib banget mengikuti EJU atau JLPT yaaa. EJU atau JLPT yaitu ujian untuk menilai dan mengevaluasi kemampuan berbahasa Jepang bagi mahasiswa asing, biasanya untuk mendapatkan EJU kita harus belajar selama 1-2 tahun. Bagi Pacsa Sarjana (S-2) diwajibkan utk memilih Professor (dospem) di universitasnya terlebih dahulu, sesuai dengan judul risetnya. Syarat Kelulusan tergantung dari programnya, rata-rata lama belajar 2 tahun. SKS yg diperlukan lebih dari 30, lulus ujian dan sidang thesis S2. Untuk kalian yang berminat untuk pergi keJepang kalian bisa check informasi selengakapnya mengenai biaya hidup, tempat tinggal, universitas, beasiswa dan menenai Jepang lainnya silakan mengunjungi http://www.jasso.go.jp/index_e.html #StudyinJapan Japan Student Services Organization-JASSO¬†

Doakan saya juga ya untuk bisa kesana¬† :’)

Gambar

6 Makanan Penting untuk Warna Kulit Lebih Cerah

Percuma saja menghabiskan ratusan ribu rupiah untuk produk pencerah kulit jika tak melakukan perawatan dari dalam. Dengan nutrisi yang baik, kulit jadi sehat dan otomatis terlihat lebih cerah. Makanan apa saja yang wajib dikonsumsi supaya kulit tak lagi gelap dan kusam?

1. Jeruk
Semua jenis buah jeruk, termasuk jeruk bali, merupakan sumber vitamin C yang memiliki banyak manfaat untuk kulit. Vitamin C meningkatkan produksi kolagen dan elastin dalam tubuh kita, yang berfungsi untuk mengurangi kerutan dan menghambat penuaan kulit. Ia juga dipercaya dapat memperlambat produksi melanin, pigmen yang membuat kulit terlihat lebih gelap. Usahakan mengkonsumsi jeruk segar satu kali dalam sehari. Selain jeruk, tomat juga merupakan buah yang kaya vitamin C.

2. Sayuran berwarna merah dan hijau
Bayam, wortel, brokoli, dan kawan-kawannya mengandung banyak beta-carotene yang berfungsi sebagai antioksidan untuk kulit. Selain mencegah kerusakan sel, beta-carotene juga akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A yang berguna untuk memerangi jerawa, memproduksi sel kulit baru, dan membuat warna kulit terlihat cerah dan muda. Akan lebih baik jika vitamin A kita dapatkan langsung dari makanan dan bukan dari suplemen vitamin, karena kelebihan vitamin A justru dapat mengganggu kesehatan kita.

3. Ikan
Makhluk air ini kaya akan asam lemak Omega-3 yang merupakan resep utama untuk kulit yang cerah cemerlang. Selain itu, mengkonsumi sarden, tuna, atau salmon yang kaya protein dapat membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan polusi. Protein yang terkandung di dalamnya membantu reproduksi sel dan membuat kulit terlihat bercahaya.

4. Alpukat
Alpukat adalah sumber vitamin E. Ia berguna untuk menghambat penuaan dan membersihkan kulit dari segala noda seperti bekas jerawat, flek hitam, dan masalah lain. Mengonsumsi alpukat secara teratur juga akan mencegah kulit menjadi kendur seiring bertambahnya usia.

5. Gandum
Bisa didapat dalam bentuk sereal maupun roti, gandum mengandung biotin yang berfungsi membantu sel tubuh memproses lemak. Kekurangan biotin dapat menyebabkan kulit kering dan terlihat kusam.

6. Minyak zaitun
Makanan paling sehat untuk kulit? Salad buah dan sayuran yang diperciki minyak zaitun sebagai penyedap. Minyak ini mengandung asam lemak yang esensial untuk membuat kulit terlihat cerah, bercahaya, dan sehat.

aku mampu jalani ini, semua karena cinta :)

Aku berdiri disini untuk menantikan

matahari esok,

Bulan nanti malam,

hidupku dan hidupmu masa datang.

Menitih langkah-demi langkah,

Mimpi demi mimpi

Cerita-demi cerita

Hanya untuk melihat

Matahari esok,

Bulan nanti malan

Hidupku dan hidupmu dimasa datang.

Terpikirkah dalam benakmu ??

Masa-masa sulit itu

akan terasa mudah

jika kita tetap bersama.

Bukan kau tak melihat,

Dan tak mendengar,

Kau hanya mampu membungkam..

Sungguh rasa itu takkan pernah kandas,

Dia akan tetap bergandengan dengan waktu,

Walau tak seindah hari yang lalu.

Takkan pernah habis cerita tentangmu,

Akan selalu ada,ada¬† dan ada…

Didalam hatiku..

Selalu….

Mungkin aku tak akan berduka

Melihatmu bersamanya

Aku hanya merasa

Bahagia

Saat kau pertama ada untukku

bukan hanya sebagai teman dan sahabat saja

tapi lebih indah dari itu.

Kenapa Haru Aku ???

Aku yang amat bahagia dengan hidupku, ketika aku masih sanggup tertawa bersama dengan keluarga, sahabat dan pacarku. Dihari nan panjang, teman – temanku berinisiatif untuk membuat kebersamaan kita menjadi lebih satu dalam lingkup yang kecil, biasa disebut ‚Äúgenk‚ÄĚ . Lalu aku pun sepakat untuk menyatukan janji dengan mereka, untuk selalu bersama. Alangkah indah duniaku, disaat apapun yang terjadi padaku, aku takkan takut karena mereka tak enggan untuk selalu membantuku, begitu pula halnya dengan aku. Disaat mereka mengajakku untuk bermain kerumahnya, Betapa bahagianya aku, apalagi saat mereka mengenalkanku pada keluarganya, aku makin merasakan kehangatan itu, sekarang aku merasa mempunyai banyak keluarga. ¬†Aku bukan orang yang sanggup untuk berdiam diri tanpa mempunyai kesibukan apapun, karna moto hidupku ‚ÄúAku Bukan Orang Biasa‚ÄĚ disela-sela itu aku pun memadati jadwal harian ku dengan mengikuiti kegiatan-kegiatan yang ada, tapi aku selalu membagi waktuku untuk sekolahku, keluargaku, pacarku, dan sahabat-sahabatku. Sampai saat ini aku masih kuat untuk berdiri melawan derasnya arus hidup karena aku percaya ada mereka yang selalu ada dihidupku. Merekalah penyelamat hidupku, i love you.

Suatu ketika kegiatanku benar-benar mengharuskanku untuk selalu ada, sepulang dari sekolah aku segera bergegas kesana, dan kini waktuku semakin berkurang untuk keluarga, pacar, dan sahabatku. Namun keluargaku selalu mendukung apapun yang aku lakukan, jika itu masih dalam ruang lingkup positif, begitu pula dengan pacar dan sahabatku. Suatu ketika, disaat sahabatku sedang berulang tahun dan aku dimintanya untuk hadir bersama sahabat-sahabatku, namun disaat itu aku diharuskan untuk melanjutkan kewajibanku dalam organisasi itu. Aku binggung, Apa yang harus aku lakukan ? mana yang harus aku pilih ?

Setelah aku berfikir dengan masak-masak aku memilih untuk melanjutkan kewajibanku dalam organisasi itu, karena pasti sahabat-sahabatku akan mengertikan aku. Dari semua sahabatku hanya aku yang tak ¬†hadir disana, mereka amat kecewa padaku, mereka berkata ‚Äúhari ini adalah hari spesial sama seperti persahabatan kita, tapi kenapa justru sahabatku sendiri yang membuatku menangis dihari bahagia ini, yasudah kalo memang kau anggap persahabatan kita ini sudah tak ada lagi artinya‚ÄĚ. aku pun terdiam mengingat ucapannya, apa aku salah ?? yang tadinya aku fikir mereka dapat memahamiku, ternyata tidak, terlintas dalam fikiranku ternyata ini bukan persahabatan yang sejati disaat mereka tak lagi bisa mengerti keadaanku, aku kecewa.

Semenjak itu hari-hariku terkadang aku lalui tanpa mereka, aku lebih  sering menghabiskan waktuku dengan pacar, keluarga dan juga kegiatanku. Namun sesekali juga aku bersama mereka walau keadaanya sudah jauh berbeda, aku tak lagi merasakan kehangatan yang seperti dulu kala, aku makin berfikir aku tak lagi dibutuhkan dalam kelompok ini, tapi aku tak mau memperlihatkannya, sesekali juga aku tetap tertawa bersama mereka, walau rasa bahagia itu tak sekuat dulu, namun menurutku yasudahlah nasi sudah mejadi bubur. Hari-hariku terus ku lalui seperti itu.

Suatu saat ketika aku sedang asik berbincang – bincang sambil tertawa, aku merasakan rasa sakit seperti yang biasa aku rasakan sebelumnya tapi aku hanya berpikir positif bahwa ini bukan masalah yang besar untuk hidupku, tapi kali ini sakitnya benar-benar mengerogoti tubuhku yang lemah tak berdaya namun disaat itu pacar dan sahabatku tak ada yang tau bagaimana kondisiku, karna aku tak ingin melihat mereka bersedih karenaku, lalu akupun tetap melanjutkan pembicaraan itu di sebuah lorong disekolahku.

Lambat laun penyakit itu makin menghabisi tubuhku, rambutku yang terus berjatuhan helai demi helai, kemudian badanku yang juga makin mengering, dan langkahku yang melemah tak sekuat dulu. Aku masih saja membandel, bahwa penyakit itu mungkin terjadi hanya karena aku kelelahan dengan aktivitasku yang menggunung dan fikiranku yang merumit. Ketika pagi itu datang aku sudah tak sanggup lagi untuk melanjutkan aktivitasku seperti biasanya, tubuhku lemas tak berdaya, orang tuaku pun segera membawaku ke rumah sakit, dan dokter memvonis ku, bahwa aku mengidam penyakit yang cukup berbahaya, tapi aku selalu menguatkan pikiranku, bahwa aku sanggup melawan ini semua, aku tau rencana tuhanku akan indah pada waktunya.

Berhari – hari aku tak nampak di bangku sekolahku, pacar dan sahabatku pun bertanya-tanya? Karna saat mereka telepon dan sms pun aku tak membalasnya, aku tak mau lagi membuatnya bersedih, seperti dahulu yang pernah aku lakukan pada mereka. Orang tua ku pernah bercerita bahwa pacar dan juga sahabatku datang kerumah untuk menanyakan keadaanku, namun ibuku yang telah dulu aku amanatkan untuk merahasiakan hal ini kepada siapapun termasuk mereka yaitu pacar dan sahabatku. lantas ibuku pun hanya berkata bahwa aku sedang berlibur dirumah pamanku di luar kota yang masih sangat terpencil dan itu sulit untuk menemukan sinyal, entah percaya atau tidak merekapun mengakhiri perbincangan itu dan bergegas pulang. Berbulan – bulan aku masih belum menampakkan diri disekolahku, dan mereka mengetahui bahwa aku telah pindah sekolah, dan aku pun memutuskan untuk mengakhiri hubunganku dengan pacarku, aku berkata bahwa kita sudah tidak ada lagi kecocokan, dan aku tak mungkin bisa pacaran dengan jarak jauh. Padahal hanya tinggal mengitung jari sekolahku akan segera selesai.

Ujian pun tiba, ternyata namaku masih tercantum pada kertas yang ditempel dikaca jendela depan kelasku, kemudian mereka bertanya pada guru-guruku, cepat atau lambat aku tau bahwa merekapun akan mengetahuinya. Dan ketika itu guruku mengatakannya dengan penuh kegelisahan diraut wajahnya, mereka pun langsung mendatangi rumahku, namun disaat itu rumahku sedang tidak ada orang, karna orang tuaku yang menemaniku dirumah sakit. Dalam perjalanan pulangnya mereka bertemu dengan mantan kekasihku, dan mereka mengatakan apa yang sebenarnya telah terjadi padaku, kemudian mereka pun meneruskan perjalanannya. Setiap hari mereka mengunjungi rumahku hanya untuk mencari tau bagaimana keadaanku, alhasil suatu krtika mereka pun mendapati ibuku yang sedang dalam perjalanan pulang, mereka bertanya apa yang sebenarnya telah terjadi padaku, ibuku masih saja menjawab bahwa aku pindah sekolah dan baik-baik saja, mereka terus saja mendesak ibuku untuk memberi tau yang sebenarnya, sekilas air mata ibuku pun jatuh membasahi wajahnya, dan beliau mengatakan yang sebenarnya telah terjadi padaku, merekapun segera begegas mendatangi rumah sakit dimana aku dirawat, tersentak aku melihat mereka dan menangis sambil berkata ‚Äúmau apa kalian kemari ??‚ÄĚ mereka hanya menjawab kenapa kamu membohongi kita, apa kamu sudah tak menganggap kita sahabat lagi, kita semua khawatir. Dan mantan kekasihku pun juga menanyakan ‚Äújadi ini alasan kamu membohongiku, kenapa?‚ÄĚ

Aku tak lagi sanggup untuk berkata apapun, aku hanya menanggis dengan keadaanku, dan berfikir mengapa harus aku ??

 

—–The End—–

 

 

 

 

 

Tanyaku ??

Tiap malam aku berdo`a,

berharap segera mungkin Engkau kan menjawab do`a  ku

dalam diam aku bertanya..

Tuhan kapan kah Kau kan menjawab semua pertanyaanku,

Sampai kapan Kau ingin melihat kesabaranku??

Tuhan bukankah aku juga berhak atas kebahagiaan itu,

aku lelah menjaga hati ini,

menyembunyikannya dari segala kepalsuan,

kecerianku yang menyimpan sebuah duka,

senyumku yang menyimpan sebuah luka

dan tawaku yang menyimpan banyak tanya

Tuhan,

aku hanya dapat mengelus dada dan menghela nafas saat mendengar teman-temanku

yang dengan gembiranya memberitahukan bahwa hatinya sedang berbunga-bunga.

bukan aku berduka atas kebahagiaannya Tuhan,

namun aku hanya bertanya dalam hatiku,

kapankah giliranku kan tiba??

mereka dengan mudahnya bertahta di banyak hati,

namun aku ???

bukan aku banyak mau Tuhan,

tapi aku hanya ingin ada seseorang yang menemaniku dalam suka ataupun duka,

yang mengerti aku disaat apapun keadaanku,

dan menerima aku tulus adanya..

karena tak kan mungkin selamanya sahabatku kan selalu ada untukku,

suatu hari nanti mereka pun kan punya dunianya..

bukan hanya memikirkan aku..

sungguh aku masih menunggu hari-hari itu kan tiba untukku,

menjadikan nyata semua mimpi-mimpiku..

kelak kan ku jadikan dia, raja dalam istana hatiku..

menjadikannya hal terindah yang pernah kumiliki.

–??–

Cerita baru masih tetap tentang Dia..

siapa yang menyangka !! just you !!

lelah ku menelusuri jejak yang tak ada ujungnya,

langkah demi langkah yang tak lagi tangguh seperti dahulu,

cinta yang yang tak lagi membara, seperti saat kita bertemu,

bukan aku meragu akan hadirmu,

namun kau hanya tak mampu, menyelami arti kehadiranku,

lelah aku meyakinkan diri ini,

tiada henti memutar pikirku,

hanya untuk tetap menjaga rasaku..

yang belum tentu selaras denganmu.

seketika itu jiwaku berkabut,

kau tak lagi ada disaat aku rindu akan candamu,

seolah kau melebur dari hidupku,

aku coba pergi dari duniamu,

menutup semua anganku,

melupakan rasa yang pernah tumbuh dihatiku,

dengan harapan kelak aku kan menemui duniaku yang baru,

bersama semangat dan orang yang baru,

namun apa yang kutemui,

lagi lagi bayangmu hadir di pikiranku,

membawa rasa itu berserta mimpiku,

meyakinkan aku untuk tetap menunggumu,

sampai kapan pun itu..

 

aku akan tetap seperti ini, sampai kau sadar suatu hari nanti,

bahwa aku ada untukmu..

–just you–

 

 

 

-BedanyaTeman, Pacar, Sahabat dan Musuh-

Teman, sahabat, pacar dan musuh adalah orang ‚Äď orang yang berada di sekeliling kita, pernah kah kita renungkan apa arti mereka untuk kita? yang mana orang yang paling penting untuk kita? Ada fakta yang kadang jarang kita sadari tentang mereka‚Ķ

Teman selalu ada disaat kita senang, tapi belum tentu ada disaat kita susah, kalau ada pun belum tentu membantu kita, dan dia akan marah atau kecewa saat dia tidak di ajak bersamamu untuk bersenang ‚Äď senang‚Ķ‚Ķdia selalu ada jika kamu meminta dia ada di dekatmu‚Ķ

Sahabat selalu ada disaat kita susah, tapi belum tentu ada disaat kita senang, dia tak pernah marah saat kamu tak mengajaknya disaat senang, dia mengerti kamu dan selalu ada untukmu di saat susah dan senang……dia selalu ada meski kamu tak pernah meminta dia di dekatmu Teman mu suatu waktu bisa saja menjadi musuh karena kesalah pahaman, tapi sahabat tak akan pernah menjadi musuhmu karena dia orang yang paling mengerti kamu dan selalu mau mengalah untuk mu…

Musuh tak kan pernah bisa jadi teman karena dia orang yang tidak sejalan denganmu, jadi tidak mungkin kamu bisa jalan bareng atau bersenang ‚Äď senang bersama musuhmu‚Ķ Tapi musuh bisa jadi sahabatmu untuk sesaat‚Ķ‚Ķdia bisa jadi orang yang membantumu saat kamu susah dalam hal ‚Äď hal yang tidak terduga dan sebenarnya dia adalah orang yang terjujur dalam menilai kamu‚Ķ saat dia memaki dan memfitnah kamu itu adalah perkataan yang jujur‚Ķ jika teman kita menilai kita biasanya hanya yang baik ‚Äď baik dari kita yang di ungkapkan‚Ķ

Teman bisa menjadi pacar, tapi sahabat tidak bisa menjadi pacar karena perasaan sayang yang ada adalah berbeda… karena sahabat tak mengharapkan kebahagiaan darimu…

Pacar bisa jadi musuhmu, saat kamu putus bisa saja dia sangat membencimu…musuh tidak bisa jadi pacar karena dia sangat membencimu. Pacar bisa menjadi sahabat untukmu… bisa menjadi teman untukmu…

Kesimpulan

Sahabat pasti bisa jadi teman untukmu tapi teman belum tentu bisa jadi sahabat untukmu

Sahabat tidak akan jadi musuhmu, tapi musuhmu bisa saja di waktu dan momen tertentu bisa jadi sahabatmu

Teman bisa jadi musuh tapi sangat mustahil musuh jadi teman…

Pacar bisa saja nantinya jadi musuhmu, tapi musuhmu kecil kemungkinannya untuk bisa jadi pacarmu

Teman bisa jadi pacarmu dan pacarmu bisa jadi temanmu…

Pacar bisa jadi sahabatmu tapi sahabat sulit untuk jadi pacarmu…

Hidupku :)

hidup itu memang tak selalu seindah pelangi

banyak yang datang dan silih berganti

tapi satu kunci membuat kita lebih berarti

—-KEIKHLASAN—-

mungkin terkadang iklas ini harus membohongi perasaan kita,

ada kala dimana aku harus menangis karena dengan begitu sedikit beban dalam hidupku menghilang, apalagi kalau aku curhat dengan Tuhan..

hidup ini terkadang memang mengharuskanku membohongi perasaanku, aku tak mau terlihat lemah didepan mereka, aku ingin membuat orang – orang disekelilingku bahagia, walaupun kenyataanya bertentangan dalam hatiku.

tapi Tuhan mengujiku, DIA ingin aku kembali seperti dahulu, bangkit dan tersenyumūüôā

pernah suatu ketika terlintas dalam pikiranku untuk mengakhiri hidupku, karena masalah yang tak kunjung berujung, namun justru aku dirundung seribu pertanyaan dalam diriku.. apakah dengan cara itu semua masalahku selesai? apakah aku akan masuk surga? apakah orang-orang akan memperhatikanku? apakah dia kehilanganku? jika iya, lantas bagaimana caraku untuk membalasnya kembali ?? aku sudah tiada dimuka bumi, apa yang bisa kulakukan untuk mereka lagi??  dll..

semua pertanyaan-pertanyaan itu hanya semakin menambah beban dalam hidupku,, kembalinya aku dari pertapaanku aku sadar bahwa Tuhan tak mungkin mengujiku jika aku tak mampu melewati itu.. Tuhan tau bahwa kau mampu, Tuhan ingin kamu merasakannya sekarang, agar dikemudian hari jika kau bertemu masalah kembali, kau akan berkata bahwa aku akan mampu melewatinya seperti yang sebelumnya, dan ini tak seperih rasa yang pertama kali aku rasakan..

kini aku mencoba iklas untuk menyerahkan semua pada-NYA, kehidupanku, masa depanku, pasanganku, rizkiku, dan matiku..

namun Tuhan tak akan mempermudah begitu saja, dia berikan bumbu-bumbu untuk hidup ini, dia melihat sejauh mana usaha kita? walaupun ujungnya pun akan dia yang memutuskan, bagaimana yang terjajadi dalam hidup kita nantinya..

aku selalu percaya bahwa Tuhan lebih dekat dari urat nadi kita, dia lebih tau siapa kita, dan seberapa mampukah kita untuk menjawab semua tantanganNYA….

heiii boy

dear diary…

hahahaha… pusing mau nulis apa, dari dulu gue suka nulis diary saat suka ataupun duka tapi karna udah gede diarynya udah abis dan harus diganti dan karna tekno udah semakin canggih.. jadi disini yaa kann..

hal ini terjadi kemarin sehabis uas *** haha..

gue kecewa berat sama dia, orang yang satu-satunya gue harapin dalam hidup gue, secara mengagetkan dia mematahkan semua mimpi yang gue punya, yang udah bersemi sekian lama dihati gue. terkadang gue fikir gue capek kayak gini terus, orang yang gue peduliin ngak pernah peduliin gue ternyata, orang yang gue sayang gue puja puji ternyata begini juga hasilnya. melelahkan bukan.. dia buat harapan itu sia-sia, mungkin alangkah lebih baik jika aku yang pergiii….

dia lupa semua tentang kita dahulu, bukan gue  ingin dia mengingatnya, ngebahasnya. tapii gue sakit kalo inget dulu.. biar gue yang nyimpen semua kenangan itu, biar waktu yang akan tunjukkan padamu siapa aku.. realy i think you different with others, i love you because i think you good boy, i realy disappointed with him, i wish i hope i pray happiness always with you althogh with me, someday i hope that somebody love me with everything, becouse i`m not perfect girl.

will you remember me the way 
i remember you, will you be the same 
the last time i saw you, you are the sweetest
every moment with you is the sweetest one

sesungguhnya ku berpura-pura relakan kau pilih cinta yang kau mau,¬†¬† sesungguhnya ku tak pernah rela kan aku yang bisa membuat hatimu utuh.¬†¬† sakit yang kurasa bukan karena dia tapi karna kau pilih cinta yang salah. aku mengaku bisa tapi hati tak bisaaaa…

tapi disini saatnya gue buat meyakinkan diri gue bahwa gue mampu bertahan walau tanpa dia, karena akan ada saatnya semua mimpi kita hancur berantakan tak seperti yang diharapkan, namun waktu harus tetap berjalan, bukan berhenti hanya karna dia. seindah apapun hari, itu akan terlewati begitu pula dengan keburukan yang terjadi dalam hidupmu itu pula akan berlalu, so gue bakal tetep ngejalanin hidup, toh diluar sana banyak orang yang masih peduli sama gue, dan banyak yang harus gue peduliin, capek kalo waktu gue, gue buang percuma hanya untuk memikirkan dia.dan gue suka ilfeel sama cowo-cowo yang suka bikin hati cewe nangis, belom jadi siapa-siapa aja dia udah berani ngelukai, apalagi kalo udah jadi.. hayoolah,

SEMANGAT BUAT HIDUP INI LEBIH BERARTI, SEMUA DITANGAN KITA.

Takkan ada hari seindah pelanggi kecuali kau yang membuatnya lebih berarti.

i dedicated for u..

i love you, boy.. (the last  i say)

kewirausahaan : Bab 10 Kewirausahaan dan Lingkungan

Pengantar

  • Dalam dunia global, produk luar negeri yang masuk kedalam negeri menjadi pesaing produk lokal.
  • Begitun pula dengan produk lokal dapat diekspor dan menjadi sumber devisa negara.
  • Wirausahaan tumbuh dengan cara yang berbeda-beda sehingga tidak ada satu jalan yang pasti dalam membuat peta menuju kesuksessan bagi wirausahaan baru.

 

Kewirausahaan dan Lingkungan Global

Beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh wirausahaan adalah perubahan yang dipicu oleh perkembangan teknologi yang mencakup hal-hal sebagai berikut :

1.      Produk-produk baru yang didistribusikan ke pasar oleh pesaing.

2.      Perkembangan teknologi dan informasi.

3.      Perkembangan teknologi barang substitusi.

4.      Berbagai penemuan baru.

5.      Adaptasi teknologi yang siap pakai.

6.      Strategi perkembangan teknologi nasional.

7.      Biaya peneitian dan pengembangan oleh perusahaan eaing atau perusahaan-perusahaan dalam satu industri.

8.      Siklus hidup produk.

9.      Terobosan-terobosan yang dapat meningkatkan produktivitas yang lebih baik di bidang input, pengolaahan dan pemasaran.

10.  Berbagai ramalan pengembangan teknologi dimasa depan.

 

Kewirausahaan sebagai Pemicu Perekonomian Negara

Р    Menciptakan lapangan pekerjaan.

–¬†¬†¬†¬†¬† Meningkatkan kualitas hidup.

Р   Meningkatkan pemerataan pendapatan.

Р    Memanfaatkan dan memobilisasi sumber daya untuk meningkatkan produktivitas nasional.

Р    Meningkatkan penerimaan pemerintah melalui pajak.

 

Permasalahan di Indonesia

Ada beberapa permasalahan yang dihadapi oleh suatu bangsa dalam menumbuh kembangkan kewirausahaan dengan baik, antara lain :

  • Pembinaan UKM dan bagi-bagi modal belas kasihan.
  • Pribumisasi usahawan yang gagal.
  • Usaha-usaha kecil umumnya gagal menjadi usaha besar.

 

Kebersamaan, Etika, dan Tanggung Jawab Sosial Kewirausahaan

√ľ¬† Kebersamaan ¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬† : ¬†keselarasan hubungan dan komunikasi yang baik antara ¬†¬†¬†¬†pengusaha dengan pihak internal dan eksternal organisasi dengan prinsip saling menguntungkan.

 

√ľ¬† Etika ¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬† : cara menyampaikan ungkapan-ungkapan yang menyankut prilaku, perbuatan, dan sikap manusia terhadap peristiwa-peristiwa yang dianggap penting dalam hidipnya.

 

 

√ľ¬† Tanggung jawab sosial ¬†¬† : ¬†kewajiban perusahaan untuk merumuskan kebijakan, mengambil keputusa, dan melaksanakan tindakkan yang memberikan manfaat kepada masyarakat.

 

Kejujuran dan Kedermawanan

                  Berbisnis atau berdagang pada dasarnya adalah tolong-menolong, maka dalam berbisnis jangan sampai ada orang yang dirugikan. Kunci utamanya pada kejujuran, dan tentunya rasa ikhlas untuk berbagi dengan sesama.

 

Kebersamaan dan Etika Bisnis

                  Pengusaha dianggap memiliki kemampuan kewirausahaan yang andal apabila pengusaha tersebut mampu memanfaatkan, mencari, dan menciptakan peluang bisnis serta mampu menerapkan asas kebersamaan dan menjalankan etika bisnis secara total.

Asas Etika Bisnis yang Sehat

                  Beberapa pedoman sebagai dasar berpikir dan bertindak dalam penerapan etika bisnis yang sehat, antara lain  :

a)      Selalu menjaga kualitas produk dan jasa pada pelanggan elalui kewajaran dan keterbukaan.

b)     Kebersamaan dengan unsur internal dengan menghindari kesan bahwa perusahaan mengeksploitasi karyawan secara tidak manusiawi.

c)      Kebersamaan dengan lingkungan dalam menjaga kelestarian dan menghindari polusi yang menggangu masyarakat.

d)     Dalam proses bisnis atau transaksi usaha, selalu didukung dengan upaya penghayatan nilai dan norma bisnis  serta kebiasaan atau esensi dunia usaha yang berlaku.

e)      Menghindari cara-cara yang tidak etis dalam persaingan bisnis.

 

Secara universal menyatakan ada sepuluh prinsip etika yang harus menjadi pegangan para pelaku bisnis, sebagai berikut :

1.      Kejujuran

2.      Integritas

3.      Memelihara janji

4.      Kesetiaan

5.      Keadilan

6.      Suka membantu orang lain

7.      Hormat kepada orang lain

8.      Menjadi warga negara yang bertanggung jawab

9.      Mengejar keunggulan dalam segala hal

10.  Dapat dipertanggung jawabkan

 

Tanggung Jawab Sosial Kewirausahaan

            Beberapa bentuk pertanggungjawaban sosial wirausahaan tersebut dapat dirumuskan sebagai berikut :

Р    Tanggung jawab terhadap lingkungan.

–¬†¬†¬†¬†¬† Tanggung jawab terhadap karyawan.

–¬†¬†¬†¬†¬† Tanggung jawab terhadap pelanggan.

Р    Tanggung jawab terhadap investor.

Р    Tanggung jawab terhadap masyarakat sekitar.

Previous Older Entries